Penjaminan Mutu

Penjaminan Mutu Program Studi Akuntansi

Penjaminan mutu Program Studi Akuntansi dilaksanakan oleh unit penjaminan Mutu Program Studi Akuntansi. Unit ini berada dibawah Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Dalam melakukan penjaminan mutu, Unit Penjaminan Mutu membuat berbagai standar yang akan diacu dalam pelaksanaan kegiatan. Standar-strandar tersebut dibuat dan dikoordinasikan dengan pengelola Program Studi. Selain itu, Unit Penjaminan Mutu juga membuat Manual Mutu yang merupakan dokumen penjaminan mutu. Selain itu juga disiapkan berbagai instrumen yang diperlukan dalam melakukan evaluasi berbagai kegiatan akademik yang ada. Kegiatan penjaminan mutu yang dilakukan oleh Unit Penjaminan Mutu Program Studi Akuntansi sebagai berikut.

  1. Penyusunan Manual Mutu
Dalam pelaksanaan evaluasi kegiatan akademik Program Studi Akuntansi FEB. Unram, tim UPMJ Akuntansi menyusun beberapa dokumen yang akan dijadikan pedoman dalam melakukan evaluasi kinerja baik bagi jurusan, dosen, bagian akademik maupun mahasiswa. Dokumen tersebut berupa Manual Mutu Jurusan Akuntansi dan beberapa Manual Prosedur kegiatan akademik yang ada di Jurusan. Karena keberadaan UPMJ Akuntansi yang masih baru (baru memasuki tahun ke 2),  penyusunan dokumen mutu dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan evaluasi. Hal ini dilakukan agar diperoleh gambaran yang lebih riil kondisi di lapangan sehingga secara simultan dapat menyerpurnakan dokumen mutu yang sedang disusun. Dokumen mutu yang disiapkan oleh UPMJ Akuntansi akan didiskusikan dengan pihak jurusan. Apabila sudah disepakati, maka dokumen mutu tersebut mendapatkan persetujuan dari ketua Jurusan untuk dipedomani oleh berbagai unsur yang ada di Jurusan Akutansi. Dokumen Mutu Jurusan Akuntansi sudah selesaikan dan sudah mendapat persetujuan dari Ketua Jurusan Akuntansi. Dokumen mutu tersebut berisikan antara lain :
  1. Pendahuluan
  2. Ruang lingkup
  3. Tujuan
  4. Landasan kebijakan mutu
  5. Istilah dan definisi
  6. Sistem manajemen mutu
  7. Gambaran tentang Jurusan Akuntansi FEB Unram
  8. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran
  9. Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Dan Penjaminan Mutu
  10. Tanggung jawab Manajemem
  11. Pengelolaan sumber daya
  12. Realisasi layanan pendidikan
  13. Pengukuran, analisa dan peningkatan mutu
  14. Penyusunan Standar Opersional Prosedur
Standard Operating Procedure (SOP) dibuat untuk memberikan kepastian jaminan mutu Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Penyusunan Instrumen Evaluasi Dalam melakukan evaluasi, unit penjaminan mutu menyusun instrumen yang digunakan dalam proses evaluasi. Instrumen yang telah tersususun diantaranya adalah instrumen evaluasi kinerja dosen dalam perkuliahan, Instumen evaluasi mutu proses pembimbingan skripsi, evaluasi kinerja dosen dalam proses prkuliahan,  kehadiran doen dalam proses belajar mengajar, lama penyelesaian bimbingan skripsi, dan instrumen lainnya.
  1. Evaluasi kegiatan pembelajaran, meliputi
  2. Evaluasi ketersediaan silabus dan RPP
  3. Evaluasi Jumlah kehadiran dosen mengajar dilakukan tiap semester
  4. Evaluasi mahasiswa atas kinerja dosen dalam perkuliahan dilakukan tiap semester untuk semuan mata kuliah dan semua dosen yang mengajar
  5. Evaluasi ketepatan waktu penyerahan soal dan penyerahan nilai oleh dosen yang dilakukan tiap semester
  6. Evaluasi pembimbingan tugas akhir, dilakukan tiap semester dan dilaksanakan dengan pemberian kuesioner kepada mahasiswa yang sudah di yudisium.
  7. Evaluasi Kegiatan penelitian
  8. Evaluasi jumlah penelitian dosen
  9. Evaluasi jumlah dosen yang terlibat melakukan penelitian
  10. Evaluasi jumlah dana penelitian yang diterima dosen
  11. Evaluasi jumlah publikasi ilmiah dosen
  12. Seminar hasil-hasil penelitian dosen
  13. Evaluasi Kegiatan pengabdian pada masyarakat
  14. Evaluasi jumlah pengabdian masyarakat oleh dosen
  15. Evaluasi jumlah dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat
  16. Evaluasi jumlah dana pengabdian pada masyarakat yang diterima oleh dosen
  17. Pendampingan penyusunan borang akreditasi Prodi