Pelatihan Peningkatan Kemampuan Aparatur Desa dalam Pengelolaan Keuangan


Guna meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unram menerjunkan para dosennya untuk melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Salah satu tema yg diusung adalah :

Peningkatan Kemampuan Aparatur Desa dalam Pengelolaan Keuangan

Pengabdian dilaksanakan pada minggu II bulan Agustus 2017 dan dilaksanakan pada tiga tempat yaitu desa Seteluk kecamatan Batu Layar, desa Lendang Belo kecamatan Montong Gamang dan desa Gelangsar Kecamatan Gunung Sari. Peserta pelatihan adalah aparatur desa terdiri dari Sekdes, bendahara dan staf desa. Materi yang disampaiakan ditekankan pada dua hal yaitu pengelolaan keuangan desa berdasarkan Permendagri 113 tahun2014 dan perpajakan terkait dengan keuangan desa. Pelatihan dilaksanakan dua arah, dimana materi yang disampaikan oleh para dosen didiskusikan sesuai dengn kondisi yang dihadapi oleh pemerintah desa.


Pelatihan ini disambut antisias oleh para peserta. Berbagai permasalahan yang dihadapi terkait perencanaan, pelaksanaan, maupun pelaporan didiskusikan untuk menemukan pemecahan masalahnya. Topik yang paling banyak didiskusikan adalah aspek perpajakan dalam pengelolaan keuangan desa. Para bendahara sebagian belum memahami dengan baik dasar pengenaan pajak yang mereka lakukan. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat menambah pemahaman aparatur desa sehingga dapat melakukan pengelolaan keuangan desa dengan lebih baik sesuai dengan ketentuan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *